Tri Tambah Kapasitas Jaringan 50% Selama Puasa-Lebaran

Solo - Operator telekomunikasi 3 (Tri) yang dikelola oleh PT Hutchison 3 Indonesia mengklaim siap menghadapi lonjakan trafik saat bulan Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri 2014. Tri akan mengantisipasi lonjakan trafik telepon, SMS dan data internet dengan menambah kapasitas hingga 50 persen dibandingkan trafik dalam kondisi normal.
 
Chief Technology Officer Tri, Randeep Singh Sekhon mengatakan, berdasarkan pengalaman selama tujuh tahun beroperasi di Indonesia, setiap Ramadhan dan Lebaran terjadi lonjakan trafik panggilan, SMS dan data internet hingga mencapai dua kali lipat dibandingkan hari-hari biasa.
 
Untuk memanjakan para konsumen, Tri akan tetap berusaha menjamin supaya layanan komunikasi dan akses internet tetap berjalan lancar dan nyaman pada momen tersebut.
 
"Jaringan Tri telah siap melayani para pelanggan, terutama di jalur utama dan kota tujuan mudik. Sebab, lonjakan trafik pada saat Lebaran akan terjadi di kota-kota yang menjadi daerah tujuan mudik," kata Randeep di acara pertunjukan spektakular 3030 di Lapangan Pura Mangkunegaran, Solo.
 
Lebih lanjut, dia mengungkapkan bahwa rata rata kenaikan trafik voice, SMS dan data meningkat 30% di Lebaran tahun lalu. Peningkatan trafik terjadi mulai H-7 hingga H+7, dan puncaknya pada H-1 dan hari H. 
 
Randeep pun memperkirakan pola peningkatan trafik telekomunikasi untuk Lebaran tahun ini kurang lebih akan sama.
 
"Kapasitas jaringan Tri saat ini masih memadai untuk mengakomodasi lonjakan hingga yang mencapai dua kali lipat trafik telepon dan SMS. Bahkan mampu mengatasi kenaikan trafik SMS di jam-jam sibuk. Untuk trafik data, Tri telah meningkatkan kapasitas hingga 50% dari trafik normal di hari biasa. Selain itu, 70% dari total Node B Tri memiliki kapasitas 42 Mbps yang dapat menghantarkan akses internet cepat," sebutnya. (Sumber: Liputan6.com)