Penjelasan tentang Yahoo Messenger

Sungguh ironis tulisan dibawah ini yang kami dapatkan dari sebuah forum kumpulan software ilegal/bajakan.
 
setelah seminggu nulis & pantau ternyata yang kebobolan lewat YM cukup banyak, mereka rata-rata pengguna FM ori
aku "sangat berprasangka" ada yg gak beres di Software FM atau dongle-nya yang bisa curi data & dimanfaatkan "oknum"
 
bisa saja oknumnya diluar FM, jadi pengguna FM saya anjurkan hati-hati menggunakan YM, peluang kebobolan sangat besar, terutama yg ori
semua FM bisa diremote, mungkin ada beberapa non ori yang sudah tidak bisa diremote
 
semua pegawai & mitra sudah kucurigai, kalau mereka nakal mestinya sebelumnya saat saldo YM jauh lebih besar, kebobolan kemarin aku sudah rugi 20 jt, padahal sebelumnya aman-aman saja, bobol sehari sesudah pakai dongle & upgrade
 
Kami menduga motifnya adalah persaingan yang tidak sehat disebabkan saat ini dengan penerapan dongle aktifasi online kemungkinan kecil sekali untuk mengcrack atau membajak software FM.
 
Pembobolan via YM adalah sebuah cerita lama yang ada semenjak beberapa tahun silam pada saat boomingnya transaksi via YM dengan kemudahannya.
 
Penjelasan untuk menghindari serta menjaga untuk terhindar dari pembobolan YM ini pun sudah kita posting di website FM sejak lama . Silahkan lihat linknya disini
 
 
Penjelasan dari kami :
 
  1. Bahwa hampir semua software pulsa yang ada di indonesia baik FM dan non FM beberapa penggunanya pernah mengalami kebobolan via YM (silahkan googling dengan keyword pembobolan ym server pulsa).
  2. Dongle aktifasi tidak ada hubungannya dengan data-data server, didalam dongle tersebut hanya berisi data yang telah di enkripsi untuk aktifasi online.
  3. FM tidak dapat meremote sama sekali ke server mitra-mitra FM. Penjelasan detail bisa dilihat disini
  4. Fitur-fitur yang ada saat ini dan kedepan yang akan di buat adalah untuk kenyamanan dan keamanan untuk semua mitra-mitra FM (FM Chat,FM Iklan,FM Info dsb)
 
Mengapa pembobolan YM bisa terjadi ?
 
Kami sudah cukup lama menganalisa dan kadang berdiskusi dengan beberapa mitra FM yang kebetulan sering berkunjung ke kami.
 
Ada kejadian menarik pada saat salah satu mitra FM berdiskusi dikantor kami dan kebetulan pernah kebobolan via YM servernya.
Setelah kami selidiki ternyata pada pertanyaan rahasia di YM tersebut jawaban yang di buat adalah yang mudah ditebak yaitu seperti contoh Apa merk mobil pertama yang anda miliki...Jawaban yang dimasukkan adalah Toyota.
 
Begitu kami cek didalam account YM nya juga masih terdapat ID YM untuk konfirmasi dari si pembobol yang pastinya beberapa kali password digantipun maka account YM nya  akan mudah untuk di bobol.
 
Akhirnya setelah kami jelaskan langkah-langkah antisipasi pengamanannya sampai dengan saat ini aman-aman saja.
 
Sebenarnya YM itu memiliki fasilitas-fasilitas yang sudah cukup mumpuni untuk pengamanan password yang sudah tersedia didalam account YM, yaitu seperti :
 
  • Mengetahui aktifitas IP yang masuk ke account YM
  • Mengirimkan pesan ke email atau no HP bila ada yang coba membobol dari pertanyaan rahasia
 
Tetapi sangat disayangkan banyak yang tidak mau tahu dan mau belajar untuk metode pengamanan itu.
 
Hal lain yang juga banyak dilalaikan adalah password YM banyak diketahui oleh karyawan. Sampai dengan saat ini pengamanan password di FM untuk YM hanya 1 orang saja yang mengetahui dan saat ini apalagi dengan fasilitas di FM dengan fitur YM Alias yang bisa mengirimkan dengan tetap menggunakan ID YM aslinya sehingga bila ada permasalahan pada YM tidak konek maka Karyawan hanya mengganti ID YM nya saja tanpa harus merubah dan mengetahui password.
 
Kesimpulannya dari kami kenapa YM bisa bobol adalah :
 

1. Masuk dari pertanyaan rahasia 

Sebaiknya jawaban dari pertanyaan rahasia anda jawab asal saja tidak perlu kuatir bila lupa password karena untuk mereset password ada pilihan dengan    memasukkan alamat email dan no HP.

2. Oknum CS
 
Untuk meminimalisirnya adalah dengan cara hanya owner sendiri yang mengetahui ID YM yang tertanam di server.  Di FM fasilitas pararel YM sudah tidak bisa dilakukan secara sistem kecuali diinput manual jadi bila ada kasus yang bisa mempararelkan ID YM itu besar kemungkinan diinput secara manual.
 
3. Outsider (orang luar)
Biasanya ini masuk dari program malware (key logger) dengan cara mengirimkan email atau link via broadcast sehingga secara otomatis akan menginstall file kedalam PC. 
 
Saran dari kami :
 
  1. Jangan pernah mengundang untuk orang yang tidak bertanggung jawab secara mudah mengetahui ID anda (Publikasi ID YM sender/center, NO HP Center sebaiknya tidak perlu ditampilkan di website atau broadcast karena informasi tersebut bisa didapat bila agen sudah mendaftar dan berkomunikasi dengan CS)
  2. Setiap hari (baik siang atau malam) mengecek aktifitas ID YM yang login dari fitur yang ada di YM (melihat aktifitas IP yang login)
 
 
Note :
  • Kami akan mengambil langkah-langkah hukum yang diperlukan untuk orang  atau pihak yang secara sengaja menginformasikan isu yang tidak benar sesuai dengan hukum yang berlaku di indonesia.
  • Kami mengundang bila memang pembuat tulisan adalah mitra FM original untuk berdiskusi secara langsung di kantor kami sehingga bisa mengetahui solusi dari permasalahan tersebut.
  • Kami merekomendasikan mitra FM untuk mengunakan fasilitas FM H2H untuk bertransaksi sesama mitra FM.