YM saya kog bengong ya !

Pak...Kenapa ya YM saya bengong ?

Pak...Kenapa ya transaksi melalui YM tidak ada jawaban ?

Pak...Kenapa ya YM transaksi saya tidak mau konek tetapi kalau di buka secara manual  bisa ?
 
Itu mungkin sekelumit dari segudang pertanyaan mitra-mitra yang menggunakan media YM untuk bertransaksi.
Memang transaksi menggunakan YM ini adalah media paling mudah untuk dipakai bertransaksi dikarenakan hanya dengan mendaftarkan atau menginformasikan id YM sudah langsung dapat bertransaksi/berkomunikasi dengan penyedia yang beraneka ragam, Berbeda bila dibandingkan menggunakan media XML yang tentunya penggunaan dan cara settingnya cukup sulit dikarenakan mesti melakukan setting router, buka port dan wajib memiliki IP Statik (IP yang tidak berubah-ubah) tentunya memerlukan biaya relatif mahal.
 
Tetapi wajib diingat bahwa media transaksi baik via YM,FB dsb ini adalah media pihak ketiga dimana kita tidak mendapatkan support apapun dari media tersebut sehingga permasalahan tentunya akan sangat kompleks, ya kalau boleh dibilang media gratisan mau nyaman.
 
FM memberikan fasilitas untuk kemudahan transaksi (tidak membutuhkan IP Statik) dan sangat menyarankan transaksi menggunakan media yang sudah ada yaitu FM H2H dimana media tersebut adalah jalur yang sangat cepat dan mudah dalam penggunaan. 
 
Baik, mungkin kita coba sedikit membedah dan memberikan informasi mengapa permasalahan itu terjadi seperti contoh pertanyaan tersebut diatas.
 
  • 1 (satu) ID YM biasanya memiliki limit maksimal teman oleh YM yaitu 1000, sehingga bisa terjadi bila ID YM kita memiliki lebih dari 1000 teman maka tidak akan dapat menambah teman baru lagi dan pada akhirnya untuk berinteraksi dengan ID YM yang belum diapproved menjadi teman akan banyak pesan yang tidak sampai. Mengapa demikian? sebab terdapat security pada YM yang membuat demikian (dianggap  SPAM) sehinggga pesan akan diabaikan. Solusinya adalah dengan menghapus ID YM yang sudah tidak diperlukan lagi, tetapi pertanyaannya bagaimana bila memang semuanya diperlukan...Jawabannya cukup mudah ya pasrah aja.
  • Masih berhubungan dengan point no.1, FM sudah memiliki fasilitas auto approved  tetapi banyak yang belum memahami penggunaannya sehingga tidak berjalan sempurna fitur tersebut. Langkah pertama untuk fitur auto approved berjalan adalah dengan mendaftarkan terlebih dahulu ID YM pada data agen lalu baru kita meng informasikan kepada Agen untuk meng-Add ID YM center. Kebanyakan yang terjadi adalah Agen sudah meng-add terlebih dahulu ID YM kita lalu baru didaftarkan ke data agen. Bagaimana bila kita yang mau mengambil stok menggunakan YM, maka kita harus meng-add manual id YM kita (Modul SMS Service) lalu setelah berteman baru kita melakukan transaksi.
  • Aplikasi YM menerapkan security dengan menggunakan pengenalan IP, biasanya bila IP dari ISP yang kita gunakan belum Statik (tidak berubah-ubah) maka bisa terjadi pada saat internet kita down atau gangguan setelah internet online kembali YM kita tidak dapat online. Mengapa bisa terjadi? itu disebabkan YM mendeteksi perubahan IP sehingga pada saat internet kita online dan IP nya berubah maka YM akan meminta konfirmasi terlebih dahulu biasanya kita harus masuk melalui EMAIL YM kita dan kemudian ada petunjuk untuk arahan keamanan setelah kita sudah bisa masuk ke proses itu maka YM sudah mengetahui bahwa memang benar kita yang akan menggunakan kemudian biasanya selang beberapa menit ID YM transaksi kita akan online kembali.
  • Aplikasi YM menghabiskan resource bandwith yang sangat besar dan terkadang banyak yang tidak memahami dengan banyaknya media yang berjalan via internet pada sebuah PC akan berpengaruh pada kestabilan sebuah aplikasi ditambah pemahaman mengenai kecepatan (speed) juga banyak yang kurang memahami, seperti contoh disebuah percakapan "Speed bandwith internet saya 1Mb lho Pak"...padahal itu hanya  merupakan speed download (terima) sedangkan speed upload (kirim) hanya 256Kbps dimana dengan kondisi bila semua fitur aplikasi  yang menggunakan media internet itu terpasang (dan biasanya berlebihan, misal menggunakan ID YM yang cukup banyak lebih dari 5 YM dalam 1 PC) maka bisa jadi akan banyak permasalahan yang terjadi. Ini perbandingan dengan yang menggunakan speed internet 1Mb sedangkan mungkin hampir 80% dibawah itu (rata menggunakan speedy dgn bulanan < 500 ribu berarti paling tinggi speed download 512Kbps dan speed download 128Kbps...weleh weleh)  Maka sangat dimungkinkan banyak hal yang akan terjadi misal agen kirim (download) ke kita bisa tetapi pesan dari kita tidak sampai (upload).
  • Dikarenakan Aplikasi YM itu menggunakan jalur internasional terkadang bila kita menggunakan DNS lokal dari ISP (Speedy dsb) tidak bisa meresolved (penjelasan DNS dan resolved DNS silahkan cari di google ya)  maka biasanya dengan cara mengganti  open DNS YM transaksi bisa online.
 
Yang perlu diperhatikan dan disarankan :
 
  • Cara mengaktifkan YM dengan cara mengaktifkan manual adalah berbeda metode maka jangan disamakan. Terkadang ada pertanyaan lucu "Saya masuk dari YM manual kog bisa ? pertanyaan tersebut tidak akan nyambung korelasinya".
  • Bila speed internet anda tidak memadai disarankan untuk meminimalisir jumlah ID YM di Server (salah kaprah bila ada persepsi makin banyak id ym maka makin cepat, yang benar adalah malah makin lemot)
  • FM menerapkan metode auto reconnect untuk mengetahui YM kita offline atau sleep sehingga akan dipanggil untuk bangun lagi yang belum tentu dimiliki oleh yang lain tentunya metode ini berjalan bila semua kondisi pada point-point diatas tidak terjadi alias normal.
  • Biasakan mengganti password YM secara berkala dan membuka email untuk mengecek apakah id YM kita aman. Penjelasan detail mengenai itu  Disini
  • Password YM jangan diberitahu ke banyak karyawan , minimalisir hanya 1 atau 2 orang atau lebih bagus owner sendiri yang tahu.
 
Mudah- mudahan penjelasan yang sederhana ini bisa membuka wawasan untuk teman-teman semua.
Tentunya bila anda sebagai owner server pulsa wajib memiliki pengetahuan-pengetahuan teknis (IT) untuk itu dan bila anda tidak punya waktu untuk belajar minimal memiliki staff yang mengerti dengan IT (jangan pelit mengeluarkan biaya untuk itu).