Flash Machine Membangun Software Pulsa Sebagai Sebuah Industri

Tidak hanya sekedar menciptakan sebuah software pulsa kemudian menjualnya, Flash Machine sangat memikirkan dan ingin mewujudkan bisnis server pulsa menjadi sebuah industri didalam sebuah ekosistem industri telekomunikasi indonesia.

Sejak beberapa tahun yang lalu sampai dengan saat ini Flash Machine terus berusaha menjalin komunikasi kepada operator seluler dan distributornya untuk memberikan sebuah pandangan positif mengenai keberadaan server pulsa yang sudah berkembang pesat menjadi sebuah bagian dari channel distribusi operator dalam konteks keberadaannya di lapangan.

Konsep distribusi Hard Cluster yang diterapkan operator seluler mulai tahun 2009 hingga saat ini sepertinya harus dijadikan tolak ukur oleh operator bahwa faktanya server pulsa sampai saat ini tetap berkembang dan memberikan kontribusi yang cukup besar dan signifikan bagi perkembangan distribusi produk-produknya. Operator seluler saat ini dan kedepan tentunya sudah harus mulai memikirkan bagaimana memberdayagunakan semua potensi channel-channel distribusi baik yang sudah ada (tradisional dan modern) maupun yang baru (alternatif channel) tanpa harus mematikan atau mengkerdilkan sebuah channel distribusi yang sudah terbentuk dengan berkembangnya teknologi (server pulsa).

Pada bulan Agustus 2012 kemarin XL cukup memberikan angin segar kepada server pulsa dengan membuat sebuah jalur khusus transaksi bagi server pulsa yang beri nama TOSS Iso Dompul.

Tujuan utama dari adanya jalur khusus transaksi  via web ini menurut pandangan pribadi kami sendiri adalah sangat berguna untuk memindahkan trafik dari radio ke jalur web sehingga pemanfaatan lalu lintas data di setiap BTS operator bisa maksimal disebabkan jalur transaksi kebanyakan dari server pulsa adalah melalui jalur radio (tansaksi via chip) yang bila boleh dikatakan menurut pandangan kami mencapai 30% - 50% dari trafik yang digunakan secara keseluruhan dimasing-masing BTS operator.

Tentunya langkah XL ini cukup advanced karena sudah mulai melihat potensi server pulsa dan pemanfaatan alokasi trafik data supaya lebih efisien dimana jalur transaksi khusus server pulsa dipisahkan tetapi untuk suply tetap menggunakan alokasi dari distributornya.

Flash Machine tentunya siap untuk mensukseskan konsep XL ISO Dompul ini dengan mensosialisasikan dan mengarahkan kepada mitra-mitra FM untuk menggunakan jalur baru ini dengan keuntungan kecepatan transaksi yang lebih baik dan efisiensi penggunaan hardware.

Meski kedepan langkah XL ini kita harapkan dapat memikirkan dengan dibuatnya alokasi khusus suply stok kepada  server pulsa dengan cara mungkin dibuat sebuah distributor khusus yang menangani channel server pulsa atau dengan cara merampingkan jumlah distributor  yang ada dimana saat ini menjadi isu cukup penting juga di semua operator bahwa terlalu banyaknya jumlah distributor.

Secara keseluruhan Tahun 2013 ini bisnis server pulsa cukup berpotensi kearah yang lebih baik walau yang kita dengar saat ini sampai dengan tulisan dibuat bahwa Indosat sudah mulai menerapkan konsep hard cluster tetapi kami berkeyakinan operator sudah mulai melirik dan akan  memberdayagunakan server pulsa sebagai bagian dari sebuah ekosistem industri telekomunikasi indonesia.

 

Bravo Server Pulsa Indonesia, Mari bergabung bersama kami untuk mewujudkannya !