Proyeksi Bisnis Pulsa kedepan

OVER VIEW

Pertumbuhan Industri telekomunikasi Indonesia yang pesat  dari  sektor ponsel  membuat Indonesia adalah salah satu pasar ponsel yang paling cepat berkembang  didunia seperti China dan India dengan mengalami CAGR (Compounded Average Growth Rate) lebih dari 60% sejak 2001.

Pertumbuhan ini didorong oleh beberapa faktor, seperti investasi internasional dan agresifitas operator menawarkan berbagai program-program menarik atau bundling untuk memanjakan pelanggannya. 

Bila melihat pertumbuhan pelanggan ponsel di Indonesia berdasarkan data Q1 - 2010 adalah sekitar +/- 180 juta, dimana 75% nya merupakan pelanggan dari OperatorTelkomsel,Indosat dan XL Axiata 

Data menunjukkan bahwa Teledensitas  (tingkat kepadatan pemakaian telepon dibandingkan dengan 100 penduduk. Teledensitas 15% artinya setiap 100 penduduk, 15 di antaranya memiliki dan menggunakan telepon) penggunaan telepon di indonesia masih +/- 15%  dimana jumlah tersebut adalah kedua terendah diasia setelah india sehingga   diperkirakan pasar telekomunikasi diindonesia akan terus berkembang sampai 5 tahun kedepan.

 

PERKIRAAN STRATEGI OPERATOR KEDEPAN

  • Terus membangun dan membina hubungan dengan outlet.
  • Memanfaatkan outlet untuk  mendistribusikan berbagai macam produk  seperti aplikasi, starter pack, voucher, pembayaran, layanan PPOB.
  • Memanfaatkan Dompet elektronik operator sebagai alat pembayaran (saat ini 3 operator besar yaitu Telkomsel,Indosat dan XL Axiata telah mendapatkan Ijin KUPU (kegiatan usaha pengiriman uang) dari Bank Indonesia)
  • Memberikan nilai yang lebih baik &  merebut hati pelanggan dengan membidik pasar aplikasi dengan menggunakan pendekatan tradisional.