Cara Mengatasi KEY LOGGER

Jenis Key Logger

Keylogger dibuat dalam 2 jenis yaitu Software dan Hardware, keduanya memiliki karakteristik yang berbeda dengan tujuan yang sama.
Contoh keylogger berbentuk software adalah Invisible Keylogger, KGB Keylogger, dan Stealth Keylogger. Software ini bisa di install ke computer korban dan secara otomatis software ini akan menyembunyikan dirinya sehingga tidak diketahui oleh korbannya. Korban tidak akan bisa melihat program ini sedang berjalan, karena semua software keylogger menawarkan Hide modus (Modus Sembunyi) yang tidak akan menampilkan icon, nama program pada task manager dan lainnya. Banyak juga Trojan yang digunakan para hacker yang berfungsi sebagai keylogger seperti Back Orifice, Netbus, Sub Seven,dll.
 
Cara Mengatasi Keylogger
 
Keylogger memiliki 2 bentuk yaitu Hardware dan Software dengan karakterisitik yang sangat berbeda membuat teknik mendeteksi dan pencegahannya pun juga berbeda. Dahulu sempat terdengar untuk menghindari Software keylogger dapat menggunakan Virtual Keyboard yang dapat di akses melalui menu Accessories>Accessibility>On-Screen Keyboard. Penggunaan Virtual Keyboard ini tidak berguna untuk menghadapi Software Keylogger karena Virtual Keyboard ini tetap mengirimkan text yang akan ditampilkan pada program dan text ini tetap akan direkam oleh Software Keylogger, bahkan Keylogger juga dapat meng-capture tampilan text tersebut.
 
Namun, virtual keyboard sangat ampuh dan berguna untuk mencegah hardware keylogger, karena text yang diketikkan tidak akan melalui keyboard asli dan juga tidak melalui kabel dan port keyboard yang telah dipasangi Hardware Keylogger. Atau untuk menghindari hardware keylogger, anda dapat menggunakan Keyboard yang anda bawa sendiri dari rumahdan untuk mencegah adanya Software Keylogger,dapat menggunakan Program anti-spyware atau antivirus yang tentunya selalu ter-update.
 
Langkah lain yang bisa dilakukan adalah dengan mencari direktori yang disembunyikan, karena biasanya pemasang Keylogger membuat directory yang tersembunyi agar tidak diketahui oleh pemakai namun langkah ini juga bisa membantu kita untuk mengetahui keberadaan suatu program yang tidak dikehendaki. Untuk melakukan langkah ini, jalankan perintah "dir /ah /s" pada Command Prompt yang akan menampilkan semua file dan direktori yang disembunyikan.